Senin, 26 Juni 2017

Visi, Misi dan Tujuan Jurusan EP_FEB_UP


A. Visi:
Dengan mengacu pada Visi Fakultas Ekonomi dan Visi Universitas Pattimura, yang senantiasa bersandar pada filosofi “Lou Hata-Lou Nusa” (Gugus Laut dan Gugus Pulau) serta Pola Ilmiah Pokok “Bina Mulia Kelautan”, maka visi Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah:
Terwujudnya Program Studi Yang Unggul di Bidang Pembangunan Ekonomi
Berbasis Kepulauan Tahun 2025".
Penjelasan Visi:
Keinginan untuk mewujudkan Program Studi Ekonomi Pembangunan yang unggul merupakan harapan dan cita-cita bersama untuk dicapai.
  1. Prodi yang Unggul, bermakna sebagai Prodi yang handal, memiliki sistem pengelolaan yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil dalam penyelenggaraan proses pembelajaran yang bermutu dan menghasilkan penelitian, kajian IPTEKS unggulan untuk dipublikasikan dan diterapkan sebagai bentuk pengabdian bagi kepentingan institusi dan kesejahteraan masyarakat.
  2. Pembangunan Ekonomi, bermakna  penguasaan IPTEKS, dalam bidang Ekonomi, baik lokal, nasional, internasional dalam rangka pengembangan kesejahteraan masyarakat  secara berkelanjutan.
  3. Berbasis Kepulauan, bermakna ciri dan pengaruh lingkungan kepulauan (gugus pulau-pulau, laut) terhadap kapasitas penguasaan IPTEKS bidang ekonomi dan  kepulauan untuk mengelola  sumber daya secara berkelanjutan bagi kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.
  4. Tahun 2025, bermakna target  pencapaian  yang diupayakan untuk diwujudkan oleh seluruh civitas Prodi Ekonomi Pembangunan.
B. Misi:
  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan sarjana bidang Ekonomi Pembangunan yang unggul berbasis kepulauan.
  2. Melaksanakan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang kompetitif guna menghasilkan konsep strategis dan inovatif untuk pembangunan ekonomi yang berbasis kepulauan bagi pembangunan bangsa.
  3. Meningkatkan kreativitas dan produktivitas, mutu, serta daya saing lulusan di bidang pembangunan ekonomi berbasis kepulauan.
  4. Meningkatkan fasilitas/sarana pendukung pembelajaran dan penelitian sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-PT).
  5. Meningkatkan dan menjaga atmosfir akademik yang kondusif dan inovatif untuk pengembangan Program Studi Ekonomi Pembangunan yang unggul.
C. Tujuan:

Sesuai Visi dan Misi, maka tujuan Prodi Ekonomi Pembangunan sejalan dengan rumusan kompetensi yang diharapkan dari lulusan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pasar kerja sebagaimana keinginan stakeholders internal dan eksternal.
Tujuan JEP, yaitu:
  1. Tercapainya sistem penyelenggaraan pendidikan  yang berkualitas dan handal secara intelektual, emosional, dan spiritual sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kreatif, produktif, berkualitas serta memiliki daya saing tinggi dalam menjawab kebutuhan pasar kerja nasional maupun internasional.
  2. Terselenggaranya penelitian, kajian ilmiah dan pengabdian  kepada masyarakat yang kompetitif dan berkualitas guna menghasilkan konsep strategis dan inovatif di bidang pembangunan ekonomi berbasis kepulauan.
  3. Tersedianya fasilitas sarana dan prasarana pendukung pembelajaran dan penelitian sehingga terciptanya atmosfir akademik yang kondusif dan inovatif.

0 komentar:

Posting Komentar